Kunker Ke Makassar, Marsdya TNI Kusworo Ingatkan Rescuer Harus Perhatikan Safety First

MAKASSAR – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabadan) Marsdya TNI Kusworo, melakukan kunjungan kerja sehari di Makassar.

Meski hanya berlangsung sehari, namun kunjungan Kabadan diisi dengan agenda kegiatan yang padat.

Selama kunjungannya, Marsdya TNI Kusworo didampingi oleh Direktur Kesiapsiagaan, Noor Isrodin Muchlisin dan melakukan pertemuan dengan pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar.

Kunker tersebut merupakan salah satu program kerja Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan adalah melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Pencarian dan Pertolongan di Seluruh Indonesia.

Pada sesi pengarahan, Marsdya TNI Kusworo, menyampaikan banyak hal salah satunya adalah dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan setiap rescuer harus juga memperhatikan safety first sehingga pelaksanaan operasi sar menjadi zero accident.

“Pertimbangkan keselamatan para rescuer, jika memang operasi sar di lakukan di malam hari namun yakin bahwa mampu melakukannya, maka kerjakan dengan hati-hati, supaya meminimalisir kecelakaan kerja,” ujarnya.

Selain itu, Marsdya TNI Kusworo, melakukan peninjauan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar. Mulai dari Peralatan Sar, Kendaraan, dan dilanjutkan meninjau KN SAR Kamajaya 104 di Pelabuhan kargo Soekarno Hatta.

Marsdya TNI Kusworo menyampaikan apresiasi atas kesiapan sarana dan prasarana dalam setiap pelaksanaan operasi sar yang dilakukan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar sesuai dengan slogan Quick Action.

“Operasi SAR yang dilaksanakan di Makassar sudah cukup respons dan bagus, dan hasilnya sudah sesuai dengan yang diharapkan,” lanjut Marsdya TNI Kusworo.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan, Mexianus Bekabel menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Kabadan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar dengan melihat secara langsung kondisi Sarana dan Prasarana yang dimiliki saat ini.

“Merupakan suatu kehormatan sekaligus sebagai bentuk perhatian khusus Kabadan
kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar,” kata Mexianus Bekabel.

Marsdya TNI Kusworo juga melakukan wawancara dengan media di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar, beberapa hal mengenai kesiapsiagaan dalam pelaksanaan operasi SAR terutama dalam kondisi ekstrim seperti akhir-akhir ini dengan tetap memperhatikan safety demi zero accident.

Menutup agenda kerja Marsdya TNI Kusworo menjalin silaturahmi serta mendengarkan aspirasi dari potensi sar di Makassar dengan berbuka puasa bersama, sholat maghrib sekaligus sholat isya dan tarawih berjamaah.

Marsdya TNI Kusworo mengapresiasi peran aktif potensi sar dalam keterlibatannya pada kegiatan operasi sar. Hal ini menegaskan pentingnya mempererat tali persaudaraan antar potensi sar dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *