PALOPO – Pj Wali Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP pada Senin (24/3/2025) menyerahkan Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Palopo Tahun Anggaran 2024 kepada pimpinan DPRD Kota Palopo, Darwis, dalam sebuah Rapat Paripurna yang berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Kota Palopo.
Dalam sambutannya, Firmanza mengungkapkan bahwa salah satu fokus utama Pemerintah Kota Palopo di tahun 2024 adalah menjaga stabilitas dan keamanan daerah agar tidak memengaruhi ekonomi dan pembangunan.
Ia menekankan pentingnya pelaksanaan program pembangunan dan serapan anggaran yang tepat sasaran, serta implementasi program prioritas pemerintah pusat seperti penanganan stunting dan pengendalian inflasi, serta kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.
Pj Wali Kota juga menjelaskan, sejak dilantik pada 27 September 2024, tugas utamanya adalah memastikan seluruh program pembangunan berjalan sesuai rencana, termasuk upaya penguatan sektor ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
“Kami juga terus memantapkan sektor usaha mikro, ketahanan pangan, perdagangan, dan ketenagakerjaan demi mencapai kesejahteraan yang lebih baik,” tambahnya.
Salah satu pencapaian yang patut diapresiasi adalah penurunan angka kemiskinan yang berhasil diturunkan menjadi 7,35% pada tahun 2024, meskipun sebelumnya berada di angka 7,69% pada tahun 2023.
“Meski penurunan ini tidak signifikan, namun ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Palopo dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Firmanza.
Namun, Firmanza juga mengakui tantangan yang dihadapi pada tahun ini, khususnya dalam hal kebijakan efisiensi anggaran.
Meskipun demikian, Pemerintah Kota Palopo tetap berupaya mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan sosial kemasyarakatan serta menjaga kontinuitas pembangunan.
Laporan Pertanggungjawaban Wali Kota Tahun Anggaran 2024 akan dilanjutkan dengan pembahasan lebih lanjut di DPRD Kota Palopo.
Rapat Paripurna ke-19 masa persidangan ke-2 Tahun Sidang 2024/2025 itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Palopo, didampingi oleh Wakil Ketua I dan II, serta dihadiri oleh anggota DPRD, Staf Ahli Wali Kota, dan pimpinan perangkat daerah.