Amran Sulaiman Bakal Dilantik Kembali Menjadi Mentan

JAKARTA – Kabar Resuffle Menteri semakin hangat diperbincangkan, perebutan kursi Menteri Pertanian usai ditinggalkan Syahrul Yasin Limpo juga marak jadi pembahasan.

Presiden Jokowi telah memberikan sinyal terkait reshuffle kabinet. Presiden memastikan bakal melakukan reshuffle kabinetnya secepatnya.

“Lagi dipersiapkan,” kata Jokowi saat dikutip dari beberapa sumber.

Dua nama yang mencuat dikabarkan akan menggantikan Syahrul Yasin Limpo, yakni mantan Mentan 2014-2019 Andi Amran Sulaiman, dan juga Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sinyal AHY bakal menjadi Menteri Pertanian bisa tertangkap dari unggahan foto dirinya di media sosial miliknya pada hari ini, Selasa, 24 Oktober 2023.

Dalam unggahan fotonya, AHY terlihat sedang berada di kebun apel daerah Batu Malang, Jawa Timur.

Putera sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu juga menyematkan keterangan untuk selalu mengkonsumsi produk pertanian lokal.

“Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu Apel Malang,” tulis AHY.

AHY juga menyinggung komitmen Partai Demokrat dalam memajukan sektor pertanian Indonesia di keterangan foto yang dibuatnya.

“Partai akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian,” lanjut AHY.

Namun demikian, kabar bahwa yang akan mengisi kursi Menteri Pertanian yakni Amran Sulaiman.

Dengan begitu, Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) itu akan kembali menjadi Mentan untuk kedua kalinya.

“Iya, Andi Amran Sulaiman rencananya akan dilantik besok,” kata sumber tersebut, Selasa 24 Oktober 2023.

Dikabarkan Resuffle ini akan dilaksanakan Rabu (25/10/23) besok.

Banyak kalangan menilai, pencapaian yang diperoleh Andi Amran saat menjadi Mentan sangat prestisius dalam mendongkrak ketahanan pangan nasional dengan berbagai gebrakan kebijakannya.

Bahkan diketahui Amran (Kementan) di masa periodenya menyusun langkah strategis dan aksi menuju swasembada pangan nasional dan menjadi lumbung pangan dunia.

“Diharapkan, apa yang telah dikerjakan Pak Amran bisa diteruskan kembali,” tutur sumber tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *