Bupati Luwu Bersama Forkopimda Ramah Tamah Dengan Legiun Veteran

LUWU — Upacara peringatan detik-detik proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan di lapangan Andi Djemma Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Kamis (17/8/2023).

Upacara kali ini dimulai sekitar pukul 09.30 Wita yang ditandai dengan peringatan detik-detik proklamasi diiringi dengan suara sirine. Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Luwu, H.Basmin Mattayang, sementara Komandan Upacara, Kanit Res Narkoba Polres Luwu, Ipda. Imran

Setelah prosesi detik-detik proklamasi, dilakukan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu, Rusli Sunali. Lalu dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin oleh Bupati Luwu.

“Mari kita menundukkan kepala seraya mengirimkan doa kepada arwah para pahlawan yang telah mendahului kita semoga mendapat tempat yang layak disisi Allah SWT, dan kepada kita yang masih hidup semoga diberi kesehatan dan kekuatan untuk melanjutkan perjuangannya. Hening cipta dimulai,” ucap Basmin Mattayang.

Untuk keberkahan acara, Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu, memimpin pembacaan doa. Upacara kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Keyla Anggita Priono, perwakilan dari SMAN 2 Luwu terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih sementara Rafil Junior (perwakilan SMA 1 Luwu), Tamliha (SMA 12 Luwu) dan Muh. Nuzul Ramadhan Sahrir (SMKN 2 Luwu) sebagai pengibar bendera.

Usai mengikuti Upacara, Bupati Luwu beserta seluruh anggota forkopimda menghadiri acara ramah tamah dengan para legiun veteran dan warakawuri.

“Alhamdulillah, hari ini saya merasa bahagia karena masih bisa berkumpul bersama orang tuaku untuk mengikuti upacara dalam rangka HUT ke-78 RI. Tentu, apa yang orang tuaku rasakan pada masa lalu, pasti kami tidak rasakan. Tetesan darah, air mata, pengorbanan fisik demi tanah air yang kita cintai ini. Namun, kami hadir di sini, sebagai pelanjut perjuangan, diberi mandat oleh negara serta siap mengabdi untuk bangsa dan negara termasuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Legiun Veteran RI Kabupaten Luwu, H.Badaruddin mengajak para undangan untuk menjadikan kegiatan ini sebagai momen untuk mengenang dedikasi para pejuang kemerdekaan.

“Mudah-mudahan kita yang hadir ini dapat mengingat dan merenungkan betapa sedih dan dukanya para pejuang kemerdekaan yang saat itu harus meninggalkan Istri dan anak-anaknya dengan penuh air mata dan penderitaan, demi satu tekad yakni memperjuangkan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini,” kenang Badaruddin.

Badaruddin juga menyampaikan dengan tekad berjuang tanpa akhir, Legiun Veteran Republik Indonesia bersama pemerintah, siap dengan segenap jiwa raga melanjutkan dan Melestarikan semangat dan nilai-nilai perjuangan 1945.

“Legiun Veteran Republik Indonesia, tetap konsisten pada komitmennya, meningkatkan kebulatan tekad dan pengabdian untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Harga Mati,” tutupnya.

Acara ramah tamah dilanjutkan dengan pemberian cendera mata dari pemerintah Kabupaten Luwu kepada para legiun veteran dan warakawuri yang diserahkan langsung oleh Bupati Luwu didampingi oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *