Digelar 24 Februari, KPU Palopo Ungkap 975 Pemilih Bakal Ikuti PSU

PALOPO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo mengungkap sebanyak 975 pemilih yang terdaftar untuk mengikuti Pemungutan Suara Ulang (PSU).

PSU di 4 TPS tersebut akan digelar serentak pada 24 Februari mendatang.

“Ada 975 orang daftar pemilih yang akan melakukan pencoblosan ulang,” kata Ketua KPU Palopo Irwandi Djumadin, Rabu 21 Februari 2024.

Irwandi mengatakan, pencoblosan ulang dilakukan karena ditemukan kesalahan administrasi dan pelanggaran pidana.

“Rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu 24 Februari di 4 TPS. PSU ini dilakukan karena ditemukannya kesalahan administrasi seperti DPTb yang harusnya hanya 2 kertas surat suara justru mendapat 5 kertas surat suara. Selain itu ada juga daftar pemilih yang melakukan pencoblosan dua kali di dua tempat yang berbeda,” jelasnya.

Irwandi mengungkapkan, 3 TPS yang akan melakukan PSU berada di Kecamatan Bara yaitu TPS 15 di Kelurahan Temmalebba, TPS 14 di Kelurahan Balandai, dan TPS 15 di Kelurahan Rampoang.

Satu TPS berada di Kecamatan Mungkajang yakni TPS 2 di Kelurahan Mungkajang.

“975 daftar pemilih tersebar di 4 TPS yakni TPS 15 di Temmalebba ada 261 pemilih, TPS 14 di Balandai ada 218 pemilih, TPS 15 di Rampoang 228 pemilih, semuanya di Kecamatan Bara. Sementara untuk Kecamatan Mungkajang PSU dilakukan di TPS 2 dengan jumlah pemilih 268 orang,” rincinya.

Irwandi menuturkan ada 3 TPS yang melakukan pencoblosan lengkap mulai dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Sementara 1 TPS hanya melakukan PSU untuk PPWP.

“Pemungutan Suara Ulang yang lengkap itu dilaksanakan untuk TPS 15 Temmalebba, TPS 14 Balandai dan TPS 2 Mungkajang. Untuk TPS 15 Rampoang hanya PSU Presiden dan Wakil Presiden saja,” bebernya.

Dia pun berharap pencoblosan ulang ini bisa berjalan lancar, aman dan tidak ada kendala. Dia juga meminta pemilih tetap antusias menyalurkan hak suaranya.

“Ya kami berharap proses PSU ini semua lancar dari awal sampai akhir dan berjalan aman,” harapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *