METRO

Perumda Tirta Mangkaluku Terus Tingkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan

×

Perumda Tirta Mangkaluku Terus Tingkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Sebarkan artikel ini

PALOPO – Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan adalah tujuan utama Perumda Tirta Mangkaluku (TM) Kota Palopo. Dimana, dalam upaya menjamin kelancaran pendistribusian air ke rumah pelanggan, manajemen Perumda TM terus menerapkan berbagai strategi.

Namun, salah satu tantangan utama yang sering dihadapi adalah kebocoran pipa distribusi air dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) ke rumah-rumah pelanggan. Ketika kebocoran terjadi, aliran air ke rumah pelanggan otomatis terhenti.

Keberadaan Sub Divisi Distribusi dan Sub Divisi Penanggulangan Kebocoran Air (PKA) memegang peranan penting dalam menangani masalah ini. Mereka selalu siap untuk segera mengatasi kebocoran pipa tanpa mengenal waktu.

Baca Juga:  Lomba Fashion Show, Kadis Pariwisata Palopo Sebut Kegiatan Yang Sangat Ekskusif

Seperti yang terjadi beberapa hari lalu, informasi mengenai kebocoran pipa distribusi air di Jalan Pongsimpin disampaikan melalui media sosial info pelanggan Perumda TM.

“Kebocoran pipa ini terjadi pada pagi hingga siang hari, tepatnya pada hari ke-8 Ramadhan 1446 H. Dengan gerak cepat, operator Sub Divisi PKA langsung melakukan penanggulangan kebocoran. Meskipun sedang berpuasa, hal ini tidak menghalangi mereka untuk menjalankan tugas karena pelayanan maksimal kepada pelanggan adalah tanggung jawab kami,” ujar Wiwien S. Toni, Asisten Manajer Humas Perumda TM, Minggu (09/03/2025).

Baca Juga:  Pemkot dan DPRD Palopo Tandatangani  RPJPD 2025-2045

Selain itu, selama proses penanggulangan kebocoran, Sub Divisi Distribusi tetap memastikan pendistribusian air kepada wilayah yang terdampak. Hal ini dilakukan dengan mengirimkan air menggunakan truk tangki dan melakukan “penyuntikan” air dari siang hari hingga malam hari, sampai aliran air kembali normal.

Pencapaian komitmen Perumda TM dalam memberikan pelayanan terbaik juga tercermin dalam prestasi yang diraih.

Dimana, berdasarkan buku Kinerja BUMD Air Minum 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Perumda Tirta Mangkaluku berhasil meraih posisi ke-19 dalam penilaian peringkat tertinggi K3 (Kuantitas, Kualitas, dan Kontinuitas) di tingkat Nasional, dari 393 BUMD Air Minum yang ada di Indonesia.

Baca Juga:  Pemkot Palopo Gelar Upacara Peringati Hari Otonomi Daerah Ke XXVIII

“Ini merupakan bukti bahwa upaya yang dilakukan manajemen Perumda TM mulai membuahkan hasil positif, dan kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan air minum yang lebih baik bagi masyarakat Kota Palopo,” tutup Wiwien. (*)