Resmi Jadi Mentan, Amran Sulaiman: Target Kita Swasembada Beras

JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengungkapkan dirinya akan fokus pada peningkatan produksi beras di sisa jabatan Kabinet Indonesia Maju yang kurang setahun.

Hal itu menyusul dipilihnya dirinya menjadi Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Fokusnya ke produksi arahan dari Pak Jokowi,” ujar Amran dilansir dari Kompas.com, Rabu 25 Oktober 2023.

Amran optimistis bisa mengembalikan Indonesia menjadi negara yang swasembada beras.

Sebab dia mengatakan, Indonesia terakhir kali swasembada beras pada 2021.

“Fokus pangan, padi, jagung, ini penting banget. Impor ini 3,5 juta ton kita menekan dulu ke titik 0, Insya Allah masuk swasembada kembali. Bisa, karena dulu swasembada semua,” katanya.

“Pak Wakil Menteri Pertanian, Dirjen hebat-hebat. Percaya deh ini berubah, semudah membalikan telapak tangan. Manusia yang berhasil manusia yang optimis,” sambung dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (25/10/2023).

Pelantikan tersebut Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P Tahun 2023 Tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Usai pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Amran Sulaiman. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *