Tekan Inflasi, Pemkab Luwu Gelar Pasar Murah

LUWU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, melalui Bagian Ekonomi dan Pembangunan menggelar kegiatan pasar murah di lapangan Andi Djemma, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Senin 20 November 2023.

Pasar murah ini merupakan langkah nyata Pemkab Luwu bersama Tim Pengendalian Inflasi daerah (TPID) dalam rangka menekan inflasi.

“Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Luwu fokus membantu menstabilkan harga bahan pokok. Termasuk beras sebagai upaya menjaga daya beli dan meringankan beban Masyarakat,” kata Asisten II, Albaruddin Andi Picunang

Menurutnya, Pemkab Luwu salah satu daerah yang tingkat inflasinya dapat terkendali sehingga oleh Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan kepada Pemkab Luwu berupa Dana Insentif Fiskal sebesar Rp. 9,9 miliar.

“Inflasi daerah dapat kita kendalikan berkat kolaborasi dan kerjasama yang baik dari seluruh OPD terkait sektor perekonomian dan perdagangan serta dukungan dari stakeholder lainnya seperti Bulog,” tutur Albaruddin

Sementara itu, Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Luwu, Hj Irmawati menguraikan, Pemkab Luwu akan menyediakan sebanyak 4000 Paket Murah yang terdiri dari 1 bungkus minyak goreng ukuran 2 liter, susu Kental Manis 2 kaleng, 2 Kg gula pasir dan 1 Kg Terigu.

“1 Paketnya kita beli pada distributor dengan harga Rp.105 ribu rupiah. Subsidi Pemerintah Rp. 35 ribu rupiah/paket sehingga masyarakat dapat membeli 1 paket dengan harga Rp. 70 ribu rupiah,” jelas Hj. Irmawati

Selain paket murah, pemerintah yang bekerjasama dengan bulog juga menyiapkan beras premium ukuran 5 Kg dengan harga Rp. 50 ribu rupiah.

“Harga beras ini juga disubsidi oleh pemerintah daerah. Kita beli dari Bulog dengan harga Rp. 62.500,-/5kg, dijual ke masyarakat dengan harga Rp 50.000,-. Kita akan menggelar pasar murah selama 2 hari, mulai hari ini sampai besok. Jika melihat animo masyarakat cukup besar maka kita akan menambah jumlah paketnya, sedangkan untuk beras bulog siap menyiapkan 2,5 ton selama 2 hari ini,” tutupnya.

Pemerintah bersama TPID Kabupaten Luwu berencana akan kembali menggelar pasar murah pada bulan Desember 2023 mendatang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *